Senin, 27 Maret 2017

Design Sprint

                Pada projek ke 4 ini, kami diminta untuk membuat sebuah Design bisnis diberbagai macam bidang dengan memanfaatkan teknologi. Saya pun memiliki ide sederhana, yang bermula dari kesukaan saya dalam bidang pembangunan karakter dan keprihatinan saya terhadap moralitas pemuda di era modernisasi. Bila dikaitkan dengan permasalahan yang terjadi, cukup banyak penyalah gunaan teknologi yang berakibat rusaknya moral remaja dan anak-anak.

            Saya ingin membantu program revolusi mental yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo dengan membuat suatu platform yang menjadi sahabat bagi remaja dan anak-anak. Harapannya dengan adanya aplikasi yang menghubungkan antara trainer dan lembaga pendidikan formal maupun informal, akan ada pelatihan intensif dan berkesinambungan untuk membentuk pola pikir dan wawasan menatap kedepan.

·         Understad
-          Membantu (partnership) Lembaga pendidikan dalam memenuhi kurikulum pendidikan karakter secara intensif
-          Sasaran dari projek ini adalah pelajar

·         Define
-          Mudah digunakan
-          Mudah dimengerti
-          Sangat membantu

·         Diverge
  

·         Decide
                Tahap ini adalah untuk menentukan ide terbaik dari yang telah didiskusikan sebelumnya. Ditahap ini, semua anggota kelompok akan memiliki hak yang sama untuk memilih ide apa yang dianggap paling membawa pengaruh didalam bisnisnya.
·         Prototype
                Setelah menentukan ide terbaik, tahap selanjutnya adalah membuat gambaran interface dari produk yang akan diluncurkan. Sketsa yang dibuat dapat menggunakan software manipulasi gambar ataupun membuat gambar dengan manual.
·         Validate
                Validasi adalah tahap akhir yang dilalui, tahap dimana selanjutnya adalah menguji produk kepada  pengguna. Serta mencari stakeholder yang akan ikut membantu permodalan produk. Dan yang tidak kalah penting juga mencari team yang mampu mengerjakan proyek dengan komitmennya.

   


0 komentar:

Posting Komentar