Minggu, 23 Juni 2013

Betek Taman River

Sungai merupakan jalan air alami. mengalir menuju Samudera, Danau atau laut, atau ke sungai yang lain. Kemanfaatan terbesar sebuah sungai adalah untuk irigasi pertanian, bahan baku air minum, sebagai saluran pembuangan air hujan dan air limbah, bahkan sebenarnya potensial untuk dijadikan objek wisata sungai. Di Indonesia saat ini terdapat 5.950 daerah aliran sungai (DAS). Sungai yang cocok untuk dijadikan tempat wisata adalah sungai yang airnya jernih dan memiliki pemandangan yang indah.

Seperti sungai yang berada di desa Betektaman kec.Gading, Kab.Probolinggo. Sungai ini sangat indah dipenuhi bebatuan layaknya arung jeram. Sungai ini termasuk jenis sungai periodik, yaitu sungai yang pada waktu musim hujan airnya banyak, sedangkan pada musim kemarau airnya sedikit.


Sungai ini dikelilingi banyak pohon kelapa, tentunya membuat sejuk suasana dan cocok untuk menyegargan pikiran. Perjalanan yang harus dilalui untuk sampai ke Sungai ini cukup lama, membutuhkan waktu 1/4 jam untuk sampai, jika berangkat dari Kraksaan, Kab.Probolinggo. pemandangan yang ada disekitar  jalan sungguh sangat indah, dipenuhi dengan pepohonan yang lebat, sebagai jantung  desa setempat.


Konon, sungai yang berada di atas bukit ini pernah dilanda bencana banjir. sehingga mengakibatkan belasan rumah disekitar sungai ini rusak / hancur. bukan hanya itu, bencana alam ketika itu juga meruntuhkan jembatan penghubung antar desa, sehingga mengganggu akses transportasi kedua desa.

 

Tetapi kabarnya pemerintah setempat telah merenovasi kerusakan kerusakan yang disebabkan oleh banjir. mungkin itu teguran untuk warga setempat dan seluruh masyarakat agar melestarikan alam dengan sebaik-baiknya. 

0 komentar:

Posting Komentar